PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI STAI NURUL HIDAYAH ( OLEH : DADANG AHMAD SUJATNIKA )



 

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NURUL HIDAYAH MALINGPING

 

  1. PENDAHULUAN

Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mandiri yang mendalam dan berisi sumbangan pemikiran baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang disusun oleh mahasiswa program sarjana sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar sarjana dalam bidang sesuai program studi masing-masing.

Sebelum menyusun skripsi, mahasiswa wajib membuat proposal yang berisi rancangan penelitian sesuai dengan fokus kajian program studinya. Proposal tersebut harus menggambarkan problem penelitian yang akan dibahas dan diteliti yang tercermin dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan , kerangka pemikiran, dan langkah langkah penelitian,.

  1. PROPOSAL SKRIPSI

Proposal skripsi yang dijadikan dasar untuk penyusunan skripsi berisi sekitar 15 s.d. 25 halaman dengan spasi ganda pada kertas ukuran kuarto (A4).

  1. Isi Proposal Skripsi

Proposal skripsi memuat hal-hal sebagai berikut:

  1. Latar Belakang :

Bagian ini berisi penjelasan mengenai alasan akademis dalam memilih permasalahan tertentu sehingga permasalahan tersebut dipandang menarik, penting, dan bermanfaat untuk diteliti

  1. Rumusan Masalah

Bagian ini berisi pertanyaan-pertanyaan yang hendak dicari jawabannya melaluia penelitian. Rumusan masalah juga bisa dideskripsikan dengan pernyataan-pernyataan naratif

  1. Tujuan Penelitian

Bagian ini menyebutkan secara spesifik tujuan yang hendak dicapai dari penelitian yang akan dilakukan dan kegunaannya secara teoretis ataupun praktis yang merupakan sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Adapun tujuan penelitian memuat salah satu dari tiga kemungkinan, yaitu: (a) menemukan konsep-konsep dan/atau teori-teori baru; (b) mengembangkan konsep-konsep dan/atau teori-teori yang telah ada; (b) mengkritisi, menguji, atau mengevaluasi konsep-konsep dan/atau teori-teori yang telah ada.

  1. Kerangka Pemikiran

Bagian ini berisi kerangka konseptual dan teori-teori yang relevan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian.

  1. Hipotesa

Bagian ini berisi asumsi  yang diambil berdasarkan studi awal yang dilakukan oleh mahasiswa.

  1. Langkah Penelitian

Bagian ini mencakup pendekatan dan langkah-langkah penelitian yang meliputi penetapan sumber data, teknik pengumpulan data dan analisis data, serta teknik interpretasi dan pengambilan kesimpulan yang digunakan dalam penelitian.

  1. Daftar Isi Sementara

Bagian ini berisi rancangan kerangka isi skripsi yang sudah diformat dalam bentuk daftar isi skripsi.

Daftar Pustaka

Jadwal Penelitian  

  1. Persyaratan Pengajuan Proposal
    1. Persyarat Umum
      1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan.
      2. Telah menyelesaikan minimal 75% dari seluruh beban sks.
      3. Telah dinyatakan lulus pada mata kuliah metodologi penelitian keprodian.
    2. Persyaratan Khusus
      1. Memiliki topik penelitian yang sudah disetujui oleh Prodi.
      2. Menyelesaikan administrasi pendaftaran seminar proposal dan spp sampai dengan bulan dalam semester berjalan.
  2. Prosedur Pengajuan Seminar Proposal

Prosedur pengajuan seminar proposal skripsi pada STAI NURUL HIDAYAH Malingping diatur sebagai berikut:

  1. Mahasiswa memasukkan mata kuliah seminar proposal saat masa pengisian KRS berlangsung di awal semester berjalan.
  2. Mahasiswa mengambil formulir pengajuan seminar proposal skripsi kepada TU Bagian Akademik.
  3. Mahasiswa mengisi formulir pengajuan proposal skripsi.
  4. Mahasiswa mengajukan topik penelitian skripsi kepada Ketua Prodi untuk disetujui.
  5. Mahasiswa mengajukan topik penelitian skripsi yang disetujui  Prodi Kepada Pembantua Ketua I Bidang Akademik untuk diverifikasi.
  6. Prodi memasukkan topik penelitian skripsi yang telah diverifikasi ke dalam buku induk penelitian mahasiswa.
  7. Mahasiswa menyusun proposal skripsi sesuai dengan buku panduan dengan batas maksimal dua minggu di bawah bimbingan Ketua Prodi .
  8. Mahasiswa menggandakan proposal skripsi yang telah disetujui sebanyak 3 eksemplar dengan dijilid warna bening.
  9. Mahasiswa Mengumpulkan Soft Copy beserta Power pointnya kepada Ketua Prodi
  10. Mahasiswa menyelesaikan administrasi pendaftaran seminar proposal dan melunasi SPP sampai dengan bulan dalam semster berjalan.
  11. Mahasiswa mengambil formulir pendaftaran seminar proposal skripsi kepada TU Bagian Akademik.
  12. Mahasiswa mengisi formulir pendaftaran seminar proposal skripsi kepada TU Bagian Akademik.
  13. Mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran seminar proposal skripsi dan 3 eksemplar proposal skripsi kepada TU Bagian Akademik.
  14. Mekanisme Pelaksanaan Seminar Proposal
    1. Seminar proposal dilaksanakan dengan sekurang-kurangnya dihadiri oleh: (a) Ketua Sidang, (b) sekretaris sidang, , (d) mahasiswa yang bersangkutan
    2. Mahasiswa yang dinyatakan lulus (dengan revisi maupun tanpa revisi) diperbolehkan untuk langsung melakukan penelitian di bawah bimbingan satu dosen pembimbing skripsi.
    3. Mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus wajib mengulang seminar proposal, baik dalam semester berjalan mapun semester setelahnya.

                 

 

 

 

 

SISTEMATIKA PENULISAN SKRIPSI

 

A. ISI SKRIPSI

Skripsi dibuat antara 60 sampai dengan 150 halaman yang terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagian Awal, Bagian Utama, dan Bagian Akhir.

 

1. BAGIAN AWAL

  1. Halaman Sampul Depan

Halaman sampul depan memuat judul penelitian yang menggambarkan topik yang diteliti. Contoh halaman sampul depan dapat dilihat pada lampiran 1.

  1.     Halaman Judul

Halaman judul berisi tulisan yang bunyinya sama dengan halaman sampul depan, tetapi diketik di atas kertas putih. Contoh bagian ini sama dengan halaman sampul depan pada lampiran 1.

  1. Halaman Pernyataan Keaslian dan Bebas Plagiasi

Halaman ini memuat pernyataan tertulis dari penyusun skripsi, yang menyatakan bahwa skripsi yang disusun itu secara keseluruhan merupakan hasil penelitian/karya sendiri, kecuali pada bagian-bagian yang dirujuk sumbernya. Halaman ini juga memuat pernyataan tertulis dari penyusun skripsi, yang menyatakan bahwa skripsi yang disusun itu secara keseluruhan bebas dari plagiasi. Halaman ini ditandatangani oleh penyusun skripsi di atas meterai. Contoh halaman pernyataan keaslian dapat dilihat pada lampiran 2.

 

  1. Halaman Pengesahan

Halaman ini memuat judul skripsi, nama penulis, NIM, program studi dan tanggal ujian yang ditandatangani oleh Ketua ( Ketua siding ) dan Pembantu Ketua I ( sekretaris Sidang ) Penguji I dan  Penguji II ( Anggota ). Halaman pengesahan ini disertakan setelah penyempurnaan pasca-ujian munaqasyah. Contoh halaman pengesahan terdapat pada lampiran 3.

  1. Halaman Persetujuan

Halaman ini memuat judul skripsi, nama penulis, NIM, program studi, persetujuan tim penguji ujian munaqasyah, nama dan tandatangan oelh Pembimbing I dan Pembimbing II. Kemudian disetuji oleh Pembantu Ketua I dan  Ketua Program Studi Contoh halaman persetujuan terdapat pada lampiran 4.

  1. Nota Dinas Pembimbing

Halaman ini memuat pernyataan pembimbing bahwa skripsi yang dibimbingnya sudah dapat diajukan dalam ujian munaqasyah. Contoh nota dinas pembimbing terdapat pada lampiran 5.

  1. Abstrak

Abstrak merupakan uraian singkat tetapi lengkap tentang latar belakang, tujuan, teori, pendekatan, metode penelitian, hasil penelitian, dan kontribusi. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia berjarak satu spasi sepanjang satu halaman.

  1. Halaman Transliterasi

Apabila penulisan skripsi menggunakan transliterasi, maka harus dibuat pedoman transliterasi. Pedoman transliterasi Arab-Latin disarankan mengikuti SKB Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 1987. Contoh transliterasi Arab-Latin dapat dilihat pada Lampiran 6.

  1. Kata Pengantar

Kata pengantar pada pokoknya memuat penyampaian ucapan terima kasih dari penyusun skripsi kepada berbagai pihak yang telah berjasa dalam penyelesaian penulisan skripsi.

  1. Daftar Isi

Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang isi skripsi dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin secara langsung melihat suatu bab atau sub-bab beserta halamannya. Contoh dapat dilihat pada lampiran 7.

  1. Daftar Tabel (jika ada)

Apabila di dalam skripsi terdapat banyak tabel, maka perlu dibuat daftar tabel. Contoh daftar tabel dapat dilihat pada lampiran 8.

  • Daftar Gambar (jika ada)

Apabila di dalam skripsi terdapat banyak gambar, maka perlu dibuat daftar gambar. Contoh daftar gambar dapat dilihat pada lampiran 9.

m.Daftar Lampiran

Seperti halnya tabel dan gambar, jika dalam skripsi dilengkapi dengan berbagai lampiran yang cukup banyak, maka daftar lampiran perlu dibuat. Contoh daftar lampiran dapat dilihat pada lampiran 10.

 

n. Daftar Singkatan

Apabila dalam skripsi digunakan singkatan-singkatan tertentu, maka daftar singkatan perlu dibuat. Contoh daftar singkatan dapat dilihat pada lampiran 11.

 

 

 

 

 

  1. BAGIAN UTAMA 
    1. Bab Pendahuluan

Secara umum bab pendahuluan ini hampir sama dengan isi dalam proposal skripsi. Hanya saja, bab ini ditulis berdasarkan hasil penelitian, sementara proposal berisi rencana penelitian yang belum sepenuhnya sesuai dengan hasil penelitian. Karena itu bab pendahuluan berisi subbabsubbab berikut:

  1. Latar Belakang
  2. Rumusan Masalah
  3. Tujuan Penelitian 
  4. Kerangka Pemikiran
  5. Hipotesa ( jika ada )
  6. Langkah Penelitian
  7. Hasil Penelitian

Hasil penelitian dan pembahasan skripsi dituangkan dalam  4 Bab , yaitu :

BAB 1 Pendahuluan,

BAB II Tinjauan Pustaka

BAB III Pembahasan / Laporan Hasil Penelitian

BAB IV Kesimpulan

  1. Bab Penutup
    1. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan jawaban dari permasalahan yang diajukan dalam penelitian skripsi sebagaimana tertuang dalam bagian pendahuluan.

  1. Saran

Saran dibuat berdasarkan hasil penelitian, baik bersifat teoritis maupun praktis.

d. Daftar Pustaka

Contoh dapat dilihat pada lampiran 12.

 

 

  1. BAGIAN AKHIR
    1. Lampiran
    2. Daftar Riwayat Hidup/Curriculum Vitae (CV)

Daftar Riwayat Hidup memuat identitas mahasiswa. Contoh dapat dilihat pada lampiran 13.

 

  1. Laporan Kemajuan Skripsi

Untuk memantau proses penyusunan skripsi, mahasiswa diharuskan membuat laporan kemajuan penulisan skripsi dengan diketahui oleh dosen pembimbing skripsi. Setiap mahasiswa diharuskan berkonsultasi dengan dosen pembimbing setidaknya lima ( 5 ) kali . Contoh laporan dapat dilihat pada lampiran 14.

 

  1. Penentuan Tim Penguji Ujian Skripsi

Tim Penguji Ujian Skripsi adalah dosen yang ditetapkan oleh Ketua atau pembantu Ketua Bidang Akademik, Administrasi dan Kemahasiswaan atas usulan Ketua Prodi yang bergelar Magister atau Doktor dan mempunyai keahlian sesuai dengan tema skripsi.

 

  1. Persyaratan Ujian Skripsi

Persyaratan untuk dapat menempuh ujian skripsi adalah sebagai berikut:

  1. Telah lulus semua matakuliah dengan Indeks Prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75;
  2. Menyerahkan naskah skripsi yang telah mendapat nota dinas pembimbing sebanyak tiga (3) eksemplar;
  3. Telah lulus pada seluruh kegiatan Praktikum, KKn dan Kuliag Ta’aruF
  4. Telah menyelesaikan hafalan al-Qur‟an s sesuai ketentuan STAI NURUL HIDAYAH Malingping

 

 

 

  1. Ujian Skripsi

Ujian skripsi dilaksanakan dalam Sidang Tim Penguji Ujian Skripsi yang terdiri atas Ketua Sidang, seorang Sekretaris Sidang, seorang Pembimbing merangkap Penguji,. Ujian skripsi dapat dihadiri oleh mahasiswa lain.

 

  1. Pengesahan dan Persetujuan Skripsi

Pengesahan dan persetujuan skripsi dibuat setelah skripsi yang diujikan dalam sidang Ujian Skripsi/Munaqasyah telah disempurnakan oleh mahasiswa berdasarkan saran Tim Penguji Ujian Skripsi.

 

 

 

 

TATA CARA PENULISAN PROPOSAL SKRIPSI DAN SKRIPSI

 

  1. Bahan dan Ukuran Kertas
    1. Naskah proposal skripsi dan skripsi dibuat di atas kertas HVS kuarto 80 gr (21,5 x 29,7 cm) dengan spasi ganda.
    2. Sampul proposal skripsi adalah kertas putih yang dilapisi transparan dijilid.
      1. Warna bening untuk rumpun keilmuan Tarbiyah.
      2. Warna Merah  untuk rumpun Keilmuan Syariah .
  2. Sampul skripsi dibuat dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Untuk ujian, sampul skripsi berupa kertas putih yang dilapisi transparan tanpa jilid.
    2. Untuk pengumpulan, setelah perbaikan berdasarkan saran Tim Penguji Ujian Skripsi, skripsi dijilid dengan kulit tebal (hard cover) berwarna kuning untuk Tarbiyah dan Merah Untuk Syariah

 

  1. Sampul Proposal Skripsi dan Skripsi
    1. Sampul Proposal Skripsi

Tulisan pada sampul proposal skripsi meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Tulisan “Proposal Skripsi”
  2. Judul Proposal Skripsi
  3. Logo STAI Nurul Hidayah
  4. Tulisan “Oleh:”
  5. Nama Mahasiswa (tanpa gelar akademik)
  6. Nomor Induk Mahasiswa (NIRM)
  7. Tulisan “Program Studi (nama program studi)”
  8. Tulisan “Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah ”
  9. Tulisan “malingping - Lebak”

Contoh halaman sampul proposal skripsi dapat dilihat pada lampiran 15.

 

  1. Sampul Skripsi

Tulisan pada sampul skripsi meliputi hal-hal sebagai berikut:

  1. Judul Skripsi
  2. Logo STAI Nurul Hidayah
  3. Tulisan “Oleh:”
  4. Nama Mahasiswa (tanpa gelar akademik)
  5. Nomor Induk Mahasiswa (NIRM dan NIM)
  6. Maksud penulisan: “Diajukan kepada STAI Nurul Hidayah  untuk

“ Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Tarbiyah 

  1. Tulisan “Program Studi (nama program studi)”
  2. Tulisan “Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Hidayah ”
  3. Tulisan “Malingping – Kabupaten Lebak”
  4. Tahun pengajuan skripsi.

Contoh halaman judul/sampul skripsi dapat dilihat pada lampiran 1.

 

  1. Pengetikan
    1. Jenis huruf yang digunakan dalam penulisan skripsi adalah Times New Roman dengan ukuran font 12, kecuali pada halaman sampul. Keseluruhan naskah skripsi ditulis dengan menggunakan jenis huruf yang sama.
    2. Cetak miring (italics) digunakan untuk menulis judul buku, nama jurnal dan istilah asing yang belum dibakukan dalam bahasa Indonesia.
    3. Lambang atau tanda-tanda yang tidak dapat ditulis dengan mesin ditulis dengan tangan memakai tinta hitam.
    4. Bilangan di atas sepuluh ditulis dengan angka, kecuali pada permulaan kalimat.
    5. Satuan dinyatakan dengan singkatan resmi tanpa titik di belakang misalnya m, g, kg, km.
    6. Jarak antarbaris adalah dua spasi (spasi ganda) kecuali kutipan langsung yang lebih dari lima baris dibuat satu spasi, dan data pustaka dalam daftar pustaka.
    7. Batas tulisan adalah 4 cm dari tepi atas, 3 cm dari tepi bawah, 4 cm dari tepi kiri, dan 3 cm dari tepi kanan.
    8. Alinea baru dimulai pada ketikan ke-8 dari tepi kiri.
    9. Judul bab ditulis dengan huruf besar (kapital) dan diletakkan di tengah secara simetris, dengan jarak 4 cm dari tepi atas. Judul sub-bab ditulis dari tepi sebelah kiri dengan huruf besar pada tiap-tiap permulaan kata, kecuali kata penghubung dan kata depan.
    10. Judul anak sub-bab ditulis dari tepi sebelah kiri dengan huruf besar pada permulaan kata.
    11. Rincian sesuatu ditulis berurutan dengan angka atau huruf sesuai keperluan. Contoh margin kertas dapat dilihat pada lampiran 15.

 

  1. Penomoran
  1. Penomoran halaman pada bagian awal, mulai halaman judul sampai dengan daftar isi menggunakan angka romawi kecil di tengah pada bagian bawah.
  2. Penomoran halaman pada bagian akhir menggunakan angka romawi besar di tengah pada bagian bawah.
  3. Penomoran halaman bagian isi/utama, dari halaman bab pertama sampai dengan terakhir memakai angka latindi sudut kanan bawah,
  4. Nomor halaman ditulis dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 2,5 cm dari tepi bawah .

 

 

  1. Tabel dan Gambar
    1. Bagan, grafik, peta dan foto disebut gambar.
    2. Tabel dan gambar diletakkan secara simetris.
    3. Tabel dan gambar dinomori dengan angka latin.
    4. Judul tabel dan gambar yang menyertai nomor diletakkan simetris di bawah tabel dan gambar tanpa diakhiri dengan titik.
    5. Keterangan tabel dan gambar ditulis pada halaman yang sama dengan halaman tabel dan gambar tersebut.

 

  1. Bahasa
    1. Skripsi ditulis dengan Bahasa Indonesia baku yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

 

  1. Penulisan Nama
    1. Nama orang atau penulis yang diacu dalam uraian ditulis tanpa gelar akademik atau derajat kesarjanaan.
    2. Nama penulis dalam daftar pustaka dicantumkan lengkap, termasuk jika penulis sebuah tim terdiri atas dua atau tiga orang.

 

  1. Istilah
    1. Istilah baru yang belum baku ditulis dengan cetak miring. Pada penggunaan yang pertama kali perlu dijelaskan arti atau padanannya.
    2. Istilah-istilah penting dalam skripsi dapat dibuatkan daftar tersendiri sebagai daftar istilah/glosari.

 

  1. Kutipan
    1. Data sumber tulisan yang diacu atau dikutip ditulis lengkap dalam bentuk catatan kaki yang meliputi nama pengarang, judul tulisan (dicetak miring), nama kota, penerbit, tahun terbit dan halaman yang dikutip. Apabila sumber tulisan karya terjemah, nama penerjemah disebutkan setelah judul buku.
    2. Kutipan ditulis dalam bahasa aslinya. Kutipan langsung (dalam bahasa aslinya) lebih dari lima  baris ditulis dengan satu spasi menjorok ke dalam seperti permulaan alinea.
    3. Kutipan terjemah ayat-ayat Kitab Suci ditulis dengan satu spasi.
    4. Kutipan ayat al-Qur‟an ditulis “Q.S. nama surat [nomor surat]: nomor ayat”. Contoh: Q.S. Ali „Imran [3]: 4.

 

  1. Daftar Pustaka
    1. Daftar pustaka ditulis dengan jarak satu spasi, sementara antarpustaka diberi jarak 2 spasi.
    2. Penulisan pustaka adalah dengan urutan nama pengarang, judul karya, kota terbit, nama penerbit, dan tahun terbit.
    3. Penulisan nama diambil nama keluarga atau orang tua (jika ada) dan disusun secara alfabetik.
    4. Penulisan al- dan ibn- (untuk nama Arab) dan van (untuk nama belanda) diabaikan dalam penyusunan alfabetik.
    5. Apabila karya berupa terjemah, maka nama penerjemah ditulis setelah judul karya terjemah dengan didahului kata “terj.” (bila terjemah ke dalam bahasa Indonesia).
    6. Judul artikel dalam jurnal atau buku antologi diberi tanda kutip dan tidak miring, sementara nama jurnal dan judul buku antologi dicetak miring.
    7. Penulisan tanda koma (,) diletakkan setelah nama pengarang, judul artikel atau buku, nama penerjemah, dan nama penerbit. Penulisan tanda titik dua (:) ditempatkan setelah kota penerbit. Sedangkan tanda titik (.) ditempatkan di bagian paling akhir setiap pustaka. Contoh format daftar pustaka dapat dilihat pada lampiran 13

 

 

 

Lampiran 1 : Contoh Sampul Skripsi

 

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA AL-MISBAH MALINGPING

( Penelitian Empirik di SMP Al Misbah Malingping )

 

 

SKRIPSI

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh

Gelar sarjana Pendidikan Islam pada Jurusan

Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah

STAI Nurul Hidayah Malingping

 

 

 

 

Oleh :

DARYANAH

          NIRM : 040.16.0000.12

          NIM : 2012.000

 

 

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

FAKULTAS TARBIYAH

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NURUL HIDAYAH

MALINGPING - LEBAK 

2016 M / 1437 H

 

 

 

 

 Lampiran 6 : Contoh Pedoman Transliterasi Arab – Latin 

 

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB – LATIN 

Transliterasi Arab-Latin yang digunakan dalam skripsi ini berdasarkan Surat

Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tanggal 22 Januari 1988 No. 158 tahun 1987, No. 0543b/U/1987.

 

  1. Konsonan Tunggal

Huruf Arab

Nama

Huruf Latin

Keterangan

ا

alif

tidak dilambangkan

tidak dilambangkan

ب

ba’

B

be

ت

ta’

T

te

ث

sa’

Es (dengan titik di atas)

ج

jim

J

je

ح

ha’

Ha (dengan titik di bawah)

خ

kha’

Kh

ka dan ha

د

dal

D

de

ذ

zal

Ż

Zet (dengan titik di atas)

ر

ra’

R

er

ز

zai

Z

zet

س

Sin

S

es

ش

Syin

Sy

es dan ye

ص

Sad

es (dengan titik di bawah)

ض

Dad

de (dengan titik di bawah)

ط

ta’

te (dengan titik di bawah)

ظ

za’

 Ẓ

zet (dengan titik di bawah)

ع

‘ain

koma terbalik di atas

غ

Gain

G

ge

ف

fa’

F

ef

ق

qaf

Q

qi

ك

ka>f

K

ka

ل

Lam

L

el

م

mim

M

em

ن

nun

N

en

و

wawu

W

we

ه

ha’

H

ha

ء

hamzah

apostrof

ي

ya’

Y

ye

 

َتمُditulis muta‘aqqidaini           

  1. Ta’ Marbu>t}ah di Akhir Kata
    1. Bila dimatikan, ditulis h  هبت ditulis hibah

(Ketentuan ini tidak diperlukan terhadap kata-kata Arab yang sudah terserap ke dalam bahasa Indonesia, sepeti shalat, zakat, dan sebagainya. Kecuali dikehendaki lafal aslinya).

  1. Bila dihidupkan karena berangkai dengan kata lain atau mendapat harakat hidup (fathah, kasrah dan d}ammah), ditulis t  الله وعمت  ditulis ni‘matullah  بركت ditulis barakatan,barakatin atau barakatun. 
  2. Bila diikuti oleh kata yang menggunakan kata sandang al, serta bacaan kedua kata tersebut terpisah, ditulis h

انمديىتِانمىورةِ ditulis al-madi>nah al-munawwarah

 

  1. Bila diikuti oleh kata yang menggunakan kata sandang al, serta bacaan kedua kata tersebut terpisah, ditulis h

انمديىتِانمىورةِ ditulis al-madi>nah al-munawwarah

Vokal

  • ِ___َ___  (fathah) ditulis a  ِِبَ َتكَ  ditulis kataba
  • ــــــــِـــــــــ (kasrah) ditulis i 

 ِرَ كِ ُذ ditulis zukira

  • ِ__ُ__ (da} mmah) ditulis u

ِهَِ سُ حَ ditulis h}asuna

  • Vokal rangkap (diftong) dialihkan sebagai berikut : ي__ََِ ___ = ai, ِِفَ يْ كَ = kaifa و__ََِ ___ = au, ِِلَ وْ حَ = h}aula
  • Vokal panjang (maddah) dialihkan dengan simbol __>_, contohnya:

 ِلَ َاق = qa>la,  ِمَ يْ قِ = qi>la, ِلُِ وْ ُقيَ  = yaqu>lu

 

  1. Vokal-vokal yang Berurutan dalam Satu Kata, Dipisahkan dengan Apostrof أأوتم                       = a’antum ثّدعأ    = u‘iddat شكرتم لإن                 = la’in syakartum

 

  1. Kata Sandang Alif + Lam
    1. Bila diikuti huruf qamariyah, ditulis al-  انجلال ditulis al-jala>l
    2. Bila diikuti huruf syamsiyah, ditulis dengan menggandakan huruf syamsiyah yang mengikutinya serta menghilangkan huruf al-nya.

انرحمهِ ditulis ar-rah}ma>n  

  1. Huruf Besar (kapital)

Meskipun dalam sistem tulisan Arab, huruf kapital tidak dikenal, akan tetapi dalam transliterasi ini huruf kapital tersebut digunakan juga. Penggunaan huruf kapital seperti yang berlaku dalam EYD, diantaranya huruf kapital digunakan untuk menuliskan huruf awal, nama diri dan permulaan kalimat. Bila nama diri itu didahului oleh kata sandang, maka yang ditulis dengan huruf kapital

 

Lampiran 7: Contoh Halaman Daftar Isi

 

DAFTAR ISI

 

 

HALAMAN

JUDUL 

PENGESAHAN KETUA    DEWAN PENGUJI dan PEMBIMBING

DAFTAR RIWAYAT HIDUP     

PEDOMAN TRANSLITERASI 

ABSTRAKSI. 

KATA PENGANTAR  .

DAFTAR ISI  

DAFTAR TABEL (jika ada)   

DAFTAR LAMPIRAN

DAFTAR SINGKATAN

 

 

BAB I 

 

: PENDAHULUAN  ...................................................................................... 

  1. Latar Belakang Masalah  ...................................................................... 
  2. Rumusan Masalah  ............................................................................... 
  3. Tujuan Penelitian ……………..  ......................................................... 
  4. Kerangka Pemikiran…………………………………………………. 
  5. Hipotesa…………  ............................................................................... 
  6. Langkah Langkah  Penelitian  ............................................................. 
  7. Sistematika Pembahasan  ..................................................................... 

BAB II 

 

: TINJAUAN PUSTAKA  

  1. Sub-Bab  ............................................................................................... 
  2. Sub-Bab  ............................................................................................... 
    1. ...................................................................................................... 
    2. ...................................................................................................... 
      1. ............................................................................................... 
      2. ...............................................................................................  1)   ........................................................................................ 

2)   ........................................................................................ 

  1. ................................................................................. 
  2. Dan seterus nya ...................................................... 

BAB III  :PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN 

A.Sub-Bab 

B. Sub-Bab

C. dan seterusnya

  

BAB IV : PENUTUP

A. Kesimpulan  ...............................................................................  B. Saran  ......................................................................................... 

 

DAFTAR PUSTAKA  .

 LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

Lampiran 8: Contoh Halaman Daftar Tabel (jika ada)

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel 1 

 

Tenaga Pengajar manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah yang Mengajar pada tahun 2015, 25

Tabel 2 

 

Tenaga Pengajar yang Mengajar pada Program manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah, 22.

Tabel 3 

 

Pertumbuhan Mahasiswa Program Studi manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah (2012 s.d. 2015), 30.

Tabel 4 

 

Pertumbuhan Mahasiswa Program Studi manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah (2015 s.d. 2016), 30.

Tabel 5 

 

Penelitian yang telah Dilakuakn Program Studi Ilmu Hukum Ekonomi Syariah r STAI Nurul Hidayah Malingping (2012 s.d. 2015), 40.

Tabel 6 

Penelitian yang telah Dilakuakn Program Studi Manajemen Pendidikan

STAI Nurul Hidayah Malingping (2014 s.d. 2016), 42.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Catatan: diketik satu spasi, antara tabel 1 dengan tabel berikutnya dua spasi)

 

 

 

 

 

Lampiran 9: Contoh Daftar Gambar (jika ada)

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar 1 

 

Peta kekuasaan Bani Umayyah, 20.

Gambar 2 

 

Peta Kekuasaan Bani Abbasiyah pada masa Pemerintahan Harun alRasyid, 22.

Gambar 3 

 

Rute Perdagangan pada masa Kekhalifahan al-Makmun, 30.

Gambar 4 

 

Peta Pusat Penerjemahan karya Ilmuwan muslim oleh barat di Andalusia, 41.

Gambar 5 

Istana al-Hambra di Spanyol, 40.

 

 

 

 

 

(Catatan: diketik satu spasi, antara gambar 1 dengan gambar berikutnya dua spasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh : DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran 1 

 

Daftar Judul Skripsi Program Studi manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah Malingping, 160.

Lampiran 2 

 

Daftar Judul Skripsi Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAI Nurul Hidayah Malingping, 120

Lampiran 3 

 

Daftar Tenaga Pengajar Program Studi manajemen Pendidikan Islam STAI Nurul Hidayah Malingping, 164.

Lampiran 4 

Daftar Tenaga Pengajar Program Studi Akhlak dan Tasawuf STAI

, 166.

 

 

Lampiran 12 : Contoh Halaman Daftar Singkatan

DAFTAR SINGKATAN

 

BSOAS 

: Bulletin of the School of Oriental and African Studie

DI 

: Der Islam

EI 

: Encyclopedia of Islam

IC 

: Islamic Culture

IQ 

: Islamic Quarterly

JSS 

: Journal of Semitic Studies

MEQ 

: Muslim Education Quarterly

MW 

: Moslem World

REI 

: Revue des Etudes Islamiques

SI 

: Studia Islamica

SEI 

: Shorter Encyclopedia of Islam

 

Contoh Halaman Penulisan Daftar Pustaka Berdasarkan Alfabetik

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Esposito, John L. et al., The Oxford Encyclopedia of the Modern Islamic World, New York: Oxford University Press, 1995.

 

Nasution, Harun, Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jakarta: UI Press, 2002.

 

_______, Teologi Islam, Jakarta: UI Press, 1986.  

 

Qat}t}a>n, Manna>‘ Khali>l al, Maba>hi}s fi ‘Ulu>m al-Qur’a>n. Cet. Ke-3, Riya>d}: Mansyu>ra>t al-‘As}r al-H{adis, 1973.

 

Rinsyah, ‚Hak Wanita Islam‛, dalam Hidayatullah (ed.), Antologi Hukum Islam, Yogyakarta: Jinayah Press, 2012.

 

Syafi‘i, Muh}ammad bin Idris asy, al-Umm, ttp.: t.p., t.t.

 

Tirmi>zi, at, Sunan at-Tirmi>zi, ‚Kita>b an-Nika>h}‛, Beirut: Dar al-Fikr, 1967.

 

Wehr, Hans, A Dictionary of Moodern Written Arabic, New York: Spoken Language Services, Inc., 1976.

JURNAL

 

Zahid, Moh, ‚Dua Dasawarsa Undang-undang Perkawinan,‛ DIALOG: Jurnal Studi dan Informasi Keagamaan, badan Penelitian dan Pengembangan Agama., No. 39, Th. XVIII, Maret 1994.

 

WEB

 

Wahidi, al,  ‚Asbab> Nuzu>l al-Qur’a>n,‛ dalam www.alwarraq.com. Diakses Pada 20 Oktober 2011

 

 

 

 

 cm

4

 

 cm

3

 

 cm

4

 

 cm

3

 

2

,5

cm

 

,5

1

cm

 

Nomor Halaman

 

2

 

cm

 

1

 

cm

 

Nomor Halaman

 

Lampiran 17: Contoh Laporan Kemajuan Penulisan Skripsi

 

 

 

LAPORAN KEMAJUAN PENULISAN SKRIPSI

STAI NURUL HIDAYAH

 

< >Biodata Mahasiswa Nama           :

 

NIM               :

rogram Studi               :

Semester/Tahun Akademik     :

 

< >Laporan Kemajuan Penulisan Skripsi Bidang Penelitian :

 

Judul Penelitian :

 Nama Pembimbing :

Waktu Perkiraan Penyelesaian : …………………………        

 

 

Materi

Pertemuan

Laporan

Inventarisasi

Rujukan/Daftar

Referensi

I

 

II

 

III

 

Desain/Kerangka

Penelitian

I

 

II

 

III

 

Inventarisasi dan Analisis Data

I

 

II

 

 

III

 

 

< >Penulisan Skripsi  

 

Komentar

Status Penulisan

Pertemuan

Laporan

Jumlah Bab yang Diselesaikan

I

 

II

 

III

 

Jumlah Bab yang

Diserahkan Kepada

Pembimbing

I

 

II

 

III

 

Jumlah Bab yang

Belum/Sedang

Ditulis

I

 

II

 

III